Belajar Seo Gratis Untuk Pemula Blogspot dan Wordpress

Sharing belajar seo gratis untuk pemula blogspot dan wordpress ini sengaja saya lakukan agar ranah optimasi semakin ramai dengan orang-orang yang memang berusaha dan berkompeten atas hal itu.

Belajar Seo Gratis Untuk Pemula Blogspot dan Wordpress
Belajar Seo Gratis Untuk Pemula Blogspot dan Wordpress

Tidak perlu takut kita akan kalah dari orang yang mau belajar, justru ketakutan tersebut harus menjadi salah satu acuan mengapa kita sendriri harus belajar lebih giat.

Apakah kita berfikir, sayang untuk di share? Menurut saya SEO merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang ada di dunia, tidak tahu seberapa penting ilmu ini, tetapi saya hanya berharap ilmu ini dapat bermanfaat bagi orang yang memang membutuhkannya.

Sebelum lebih jauh mempelajari saya ingatkan ini adalah posting saya di tahun 2016 bulan februari, jadi jika kalian juga mencari ilmu dari luar sana usahakan yang paling up to date, setidaknya tahun postingnnya masih sama dengan hari ini kalian bernafas.

Untuk hal update kalian bisa sambil baca di artikel sebelumnya yaitu Perubahan SEO Google 2016 Yang Fundamental. Atau kalian juga boleh menghiraukannya karena ingin membaca post ini sampai tuntas dulu.

Belajar Seo Dasar

Apapun platform yang kalian gunakan, apapaun CMS yang kalian install tentunya kalian wajib mengetahui dasar-dasar dari SEO. Untuk mengetahui apa itu seo, bagaimana seo itu bekerja di mesin pencari dan teknik seperti apa yang disarankan.

Kebanyakan orang pasti akan membelah seo menjadi dua bagian dasar yang tak terpisahkan, yaitu onpage seo dan offpage seo. Pembahasan mengenai keduanya sudah sering kita jumpai di google terutama di blog-blog atau website-website yang juga membahas mengenai optimasi website di mesin pencari.


Mengetahui apa itu Onpage Seo

Terlepas dari masalah kalian menggunakan blogspot maupun wordpress kalian harus tahu bahwa nilai besar terletak pada onpage seo. Artinya sebelum kalian melakukan offpage seo, kalian harus lulus dulu dalam memperbaiki atau membangun onpage websitenya.

Struktur link

Struktur link menjadi sangat penting ketika kita ingin mencapai satu kata kunci yang ingin kita target, url atau link diusahakanmenggunakan kata kunci, tetapi yang lebih baik adalah url yang menggunakan frasa kata kunci, artinya kaliantidak perlu menggunaka url yang sama persis dengan kata kunci, jika dirasa pencarian dengan kata kunci frasa lebih baik, maka lakukanlah.

Selain itu struktur link juga dapat membuka mata google spider tentang bagaimana website kalian. Cukup mudah karena dengan struktur web maka google spider atau crawler dapat mengcrawlink page demi page melalui link terkait yang ada di page tersebut serprti memperlihatkan sitemap.

Susunan Konten Dalam Page

Jika kalian suka mencari pengetahuan mengenai onpage seo pasti kalian akan mendengar istilah tag HTML, terutama Tag H1 atau yang juga dikenal tag header. Nah tag header atau H1 ini merupakan judul itama, keyword atau kata kunci utama harus ada pada tag header ini.

Lanjut lagi tag h2, h3, dan h4. Meskipun dalam tutorial yang banyak tersebar disarankan untuk mengoptimalkan konten hingga tag h6, tetapi kalian bisa hanya mengoptimalkan hanya sampai tag h3.

H1 dan H2 bisa kalian tulis eberapa banyak kalian mampu dengan mengkombinasi kata kunci utama dengan query atau turunan kata kunci, sedangkan tag H1 sangat disarankan hanya ada 1 buah dalam setiap page.

Disini banyak yang mencari mengenai pemahaman cara belajar seo blogspot dan wordpress terkait dengan konten pada page yang sulit dirubah. jika kalian menggunakan wordpress geratis, kemungkinan kalian tidak akan bisa merubahnya karena menempel di logo ata header utama.

Dengan begitu kalian akan selalu menggunakan h1 standard, dan jika kalian memaksakan untuk menaruh H1 pada konten, kalian akan mendapatkan ada 2 buah H1 yang ada dalam satu page.

Maka untuk  mengatasinya, coba kalian coba ubah dengan menggunakan gambar logo, jadi text logo kalian diubah menjadi gambar, karena template gratis dari wordpress tidak mengijinkan kalian untuk mengedit code nya.

Sedangkan di blogspot, kalian bisa degan bebas mengedit H1 nya, pemula bisa masuk ke blogspot > template > edit html dan search atau cari dimana h1 itu berada dengan menekan ctrl+f maka kalian akan di sughkan banyak H1, yang akan keluar ada di css dan dimana-mana, usahakan mata kalian jeli, bahwa H1 yan gakan diedit adalah title page.

Lihat chapternya dari rujukan moz juga bisa di panduan seo beginner ini.


Sharing Offpage Seo

Konten diatas mamang hanya sebagian kecil dari onpage seo, teapi setidaknya struktur konten dan url sudah dapat kalian perbaiki, para pemula juga bisa berkomentar dan bertukar pikiran dengan saya dan yang lainnya di komentar ini.

Mengenai offpage seo, kalian hanya perlu mengingat 2 hal, backlink dari website yang relevance dan authority akan menjadi backlink yang powerfull, saya yakin kalian dapat membayangkan hal tersebut dikepala kalian walaupun sebagai pemula seo.

Untuk mendapat ilmu yang lebih optimal mari kita bertukar pikiran di posting belajar seo gratis untuk pemula blogspot dan wordpress. Semoga ilmu pengetahuan ini bermanfaat bagi teman-teman tertuama seo untuk pemula yang ingin mengetahui banyak hal mengenai optimasi mesin pencari.
Share on Google Plus

About Lutfi yU

Saya bercita cita menjadi Pakar seo tangerang yang sukses di Indonesia. Terimakasih kepada Guru besar, Master, Mentor dan teman diskusi Sebagai orang yang sangat memacu baik secara skill maupun pandangan.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar

Yuk diskusi disini mengenai posting diatas.