Tips Seo Untuk Blogger Pemula Langsung Mahir

Tema Tips Seo Untuk Blogger Pemula Langsung Mahir ini sengaja saya tulis karena banyaknya request yang salah kaprah mengenai apa yang disebut degnan Blogger.

Apa itu Blogger?

Tips Seo Untuk Blogger Pemula
Banyak orang menyangka apa yang disebut dengan Blogger hanyalah orang yang nge-blog dengan meggunakan fasilitas milik google yaitu blogspot.

Padahal itu hanyalah salah satu pilihan platform seperti CMS yang dapat blogger pilih, dan perlu diingat semua itu tergantung kenyamanan si blogger.

Ada plus minus menggunakan CMS atau platform yang satu dan yang lainnya, saya sendiri memilih bogspot karena alasan alasan sepele sebenarnya.


  • Alasannya karena FREE, geratis walaupun entah sampai kapan
  • Dukungan servernya juga sangat baik, hampir gak pernah down
  • Produk milik Google yang pastinya diperhatikan sama Google
  • Banyak juga tutorialnya
  • Templatenya bisa kita edit (beberapa Web 2.0 yang lain tidak bisa)


Ok kembali kepada tema, jadi yang dimaksud dengan blogger itu adalah orang yang menuliskan atau posting di sebuah blog atau banyak blog, Berlaku untuk semua jenis CMS seperti Wordpress, Blogspot, Blogdetik dan lain sebagainya entah itu yang free atau berbayar semua sama saja.

Kualitas blogger sangat jelas terlihat dari tulisannya, tapi sangat disayangkan banyak bloger yang kualitas tulisannya sangat baik tidak memahami apa itu SEO.

Karena terkadang idealisme, mereka tidak perduli dan berfikir "tulisan mau dibaca atau tidak yang penting nulis".

Tips Seo Untuk Blogger Pemula

Yang menyebut diri kita pemula adalah diri kita sendiri, jadi sebenarnya tidak ada kata pemula yang berlaku untuk orang yant tidak mengakuinya.

#Daftarkan Email

Bagi Anda yang baru akan membuat Blog, kali ini saya menyarankan pertama tama Anda membuat Email, karena apapun platform yang Anda gunakan, pasti akan membutuhkan email default.

Jika Anda sama sekali belum pernah melakukannya, tonton dulu video tutorialnya dibawah ini.


Jikan mau email gratis gunakan saja fasilitas Gmail yang bisa Anda daftarkan di Google Mail. akun gmail penting bagi seo, karena dapat digunakan untuk google analytics, webmaster tools, G+, Youtube, dan produk-produk Google lainnya.


#Pilih Platform Yang Nyaman

Soal platform itu sebenarnya soal nyaman-nyamanan, kalo saya sendiri untuk yang gratis saya sangat nyaman degnan blogspot. Alasannya sudah saya sebutkan diatas. Karena untuk mendukung SEO saya perlu struktur web yang rapih dan bisa saya modifikasi, blogspot sangat cocok dan memang menyediakan template editor.

Lain halnya dengan web yang berbayar, saya biasa menggunakan Wordpress seperti kebanyakan nubi (hanya yang mengaku nubi) lainnya. Karena banyak komunitas yang sangat nyaman bagi saya untuk mengoprek baik template maupun function yang dapat dioptimalkan.


#Pikirkan Kata Kunci

Pikirkan kata kunci yang paling relevan dengan apa yang akan dibahas di dalam blog atau website Anda yang tentunya juga searah dengan tujuan utama Anda.

Gunakan langkah-langkah riset kata kunci yang baik sesuai panduan dari google.

jika Anda sudah mengantongi beberapa kata kunci utama, jangan lupa untuk mengecek nilainya di google keywords planner. Untuk mendapatkan title dan meta deskripsi yang sempurna, gunakan kreatifitas Anda untuk menarik minat user dengan merangkai kalimat kata kunci menjadi kalimat ajakan.

ingat kalimat ajakan para blogger pemula, jangan spoiler yah.

#Berfikirlah Mobile Friendly

Gunakan template yang mobile friendly, karena apa, karena user sekarang berkembang kearah mobile ketimbang menggunakan desktop. Tetapi jangan sampai juga tampilan desktop Anda berantakan, ini juga mempengaruhi pemikiran kita tentang:

  • keindahan
  • kecepatan
  • navigasi
  • responsive design


Keempat hal diatas di balut dalam satu template yang yummy bagi USER atau PENGUNJUNG. Jangan egois mementingkan diri Anda, walaupun itu juga penting.

Terapkan juga hal hal diatas pada setiap konten Anda, untuk membuat konten yang seo friendly saya pernah membuat tulisan tersebut dengan judul Cara Membuat Konten Yang Seo Friendly.

Saya rasa dari saya cukup untuk berbagi sedikit Tips Seo Untuk Blogger Pemula Langsung Mahir untuk ngeblog di dunia maya. Semoga artikel teman-teman bisa memenuhi syarat Onpage Seo, nanti kita tinggal bahas bagaimana link building yang cocok bagi segment atau pasarnya masing-masing.
Share on Google Plus

About Lutfi yU

Saya bercita cita menjadi Pakar seo tangerang yang sukses di Indonesia. Terimakasih kepada Guru besar, Master, Mentor dan teman diskusi Sebagai orang yang sangat memacu baik secara skill maupun pandangan.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar

Yuk diskusi disini mengenai posting diatas.